Upaya pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan penyelenggaraan pembelajaran variatif
Main Author: | Hutapea, Elsa Damayanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5129/1/title.pdf http://repository.uph.edu/5129/2/abstract.pdf http://repository.uph.edu/5129/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5129/4/praktik%20pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5129/5/Kajian%20filosofis%20pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5129/6/bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5129/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5129/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan adalah hal yang sangat penting di abad ini. Kemajuan dan perkembangan suatu bangsa umumnya sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikannya. Berdasarkan teori Bloom, terdapat tiga domain pendidikan yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik yang sangat penting untuk di kembangkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil observasi menunjukkan bahwa guru masih cenderung mengembangkan satu ranah saja yaitu kognitif. Semua siswa adalah gambar dan rupa Allah yang diciptakan sedemikian unik dan memiliki potensinya masing-masing. Guru harus mampu menyediakan suasana yang baik di dalam kelas sehingga semua siswa dapat mengembangkan ketiga ranah yang mereka miliki. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengadakan pembelajaran yang variatif. Pemebelajaran yang variatif akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda-beda pada siswa dan memungkinkan siswa dapat megkembangkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Guru tentunya juga harus berkompeten dalam memilih variasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik materi pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penyelenggaraan pembelajaran variatif di kelas dapat mengupayakan pengembangan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.