Penggunaan media pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas V SD
Main Author: | Barutu, Renika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5088/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5088/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5088/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5088/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5088/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5088/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5088/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan guru dalam merangsang dan membimbing siswa. Pembelajaran akan efektif, jika interaksi guru dan siswa berjalan dengan baik serta didukung oleh minat belajar siswa. Faktanya, minat belajar siswa minim karena keterbatasan media dan media yang digunakan itu-itu saja sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran, tidak fokus dan ribut. Peneliti berharap, siswa memiliki minat yang tinggi dengan memperhatikan peneliti mengajar dan memiliki keinginan untuk belajar. Salah satu yang dilakukan peneliti adalah melakukan inovasi media pembelajaran. Dalam pengembangan media, guru termasuk sebagai seorang seniman yang mengajar dengan kreatif dan mementingkan respon dari siswa supaya pembelajaran berjalan dengan baik. Dengan adanya media akan membantu siswa dalam mengembangkan pemahamannya tentang materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran dan pengaruh media pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Hasilnya ialah media visual yang digunakan dapat menumbuhkan minat belajar siswa kelas V SD. Kesimpulannya, media yang digunakan sudah efektif dan sesuai dalam menunjang pembelajaran dan media dapat menumbuhkan minat belajar siswa, di mana siswa antusias dan perhatian kepada guru menjadi lebih baik selama pembelajaran berlangsung. Hasil kajian ini menyarankan guru memperhatikan kebutuhan siswa dengan mengamati karakteristik dan gaya belajar siswa sebelum memilih media yang akan digunakan.