Perencanaan dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas X-XII pada mata pelajaran ekonomi
Main Author: | Patandean, Ronald Rinto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/5065/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/5065/5/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/5065/2/ToC.pdf http://repository.uph.edu/5065/3/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5065/4/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/5065/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/5065/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/5065/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan faktor utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mewujudkan negara yang maju yang diimplementasikan melalui pembelajaran dalam kelas. Setiap pembelajaran dalam kelas diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan pengetahuan dan memaksimalkan potensi mereka sebagai gambar dan rupa Allah. Hasil observasi menunjukkan bahwa hampir semua siswa SMA dari kelas X-XII memiliki kemampuan rendah dalam bidang kognitif. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar siswa yang masih belum mencapai KKM. Oleh karenanya, perlu adanya perencanaan dan evaluasi pembelajaran untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan kognitifnya. Proyek akhir ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA kelas X-XII. Hasil kajian menunjukkan bahwa perencanaan dan evaluasi pembelajaran yang dirancang sesuai dengan karakteristik siswa dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan kemampuan kognitif siswa SMA kelas X-XII. Berdasarkan hasil kajian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perencanaan dan evaluasi pembelajaran memegang peranan penting bagi guru dalam memberikan materi pembelajaran yang dapat membawa siswa mengenal Allah dan dirinya sehingga dapat mengembangkan potensi yang dianugerahkan Tuhan. Guru disarankan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik baik melalui pelatihan-pelatihan kompetensi guru maupun diskusi dengan rekan sejawat yang berpengalaman.