Daftar Isi:
  • Ruang kelas merupakan salah satu tempat terjadinya proses pembelajaran. Selama pembelajaran, siswa seharusnya berperan aktif dan terlibat dalam setiap aktivitas belajar. Akan tetapi, pembelajaran tidak selalu berlangsung sesuai dengan harapan. Salah satu permasalahan yang sering ditemukan adalah siswa pasif saat pembelajaran. Hal inilah yang ditemukan di kelas IX-2 pada salah satu SMP Kristen di Jakarta. Perilaku pasif seperti, kurang aktif dalam bertanya, kurang berkontribusi selama pembelajaran, dan kurang aktif saat berdiskusi kelompok. Perilaku pasif siswa dapat diatasi melalui metode guru dalam mengajar. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah mengkaji peran guru dalam menerapkan metode pembelajaran Biologi yang bervariasi. Berdasarkan hasil kajian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran biologi yang bervariasi berupa talking stick, estafet bola, demonstrasi disertai identifikasi, dan diskusi berkelompok dapat meningkatkan keaktifan siswa. Perilaku pasif siswa yang meningkat adalah aktif bertanya, menyampaikan pendapat, serta berkontribusi aktif saat berdiskusi kelompok. Kesimpulan dari penulisan. Tugas Akhir ini adalah penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan keaktifan siswa. Guru harus memahami perannya sebagai guru Kristen yang mengintegrasikan nilai-nilai kebenaran dalam pembelajaran. Saran kepada guru adalah, guru harus berserah kepada Allah melalui doa, menegur dengan kasih, serta mengenal karakter siswa agar guru bijak dalam menentukan metode pembelajaran yang digunakan.