Daftar Isi:
  • Siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar. Melalui keaktifan siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran dapat mendukung tujuan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru. Suasana belajar yang menyenangkan menjadi sebuah suasana yang dibutuhkan oleh siswa pada umumnya. Mencapai tujuan pembelajaran tidak luput dari penggunaan metode pembelajaran di dalamnya. Metode permainan menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan siswa aktif belajar. Perlu disadari bahwa adanya tantangan guru dalam menggunakan metode permainan untuk menunjang kebutuhan siswa. Guru sebagai pelaksana proses pembelajaran juga harus dapat memahami kebutuhan siswa sehingga sebagai guru tidak hanya konten materi yang disampaikan, namun guru juga dapat senantiasa mengarahkan siswa dalam mengikuti jalan Tuhan yang benar. Sebagai seorang guru Kristen seharusnya di dalam meresponi dampak negatif ataupun kelemahan dari metode pembelajaran terkhusus pada metode permainan yaitu guru harus dapat bertanggung jawab untuk melibatkan semua siswa secara aktif dan dapat memaksimalkan waktu yang sudah dirancang dengan baik, sehingga dalam membantu siswa memahami pembelajaran dapat berjalan lancar. Dengan konsisten di dalam melaksanakan setiap proses kegiatan belajar-mengajar dengan benar, sehingga dalam mencapai tujuan pembelajaran siswa juga dapat menikmati setiap pembelajaran terjadi.