Pentingnya penerapan model pembelajaran Learning Cycle terhadap tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran
Main Author: | -, Greisnaningsi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/4982/1/Title.pdf http://repository.uph.edu/4982/2/Abstract.pdf http://repository.uph.edu/4982/3/ToC.pdf http://repository.uph.edu/4982/4/Praktek%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/4982/5/Kajian%20Filosofis%20Pendidikan.pdf http://repository.uph.edu/4982/6/Bibliography.pdf http://repository.uph.edu/4982/7/Appendices.pdf http://repository.uph.edu/4982/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran merupakan kondisi yang memungkinkan bagi siswa untuk belajar, sehingga terjadi perubahan terhadap seluruh aspek kehidupan yang berorientasi pada hal yang baik. Dalam sebuah pembelajaran terdapat peran guru dan siswa yang perlu dikerjakan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Bertanggung jawab terhadap pembelajaran merupakan bagian dari peran yang perlu lakukan oleh siswa, namun tidak selamanya siswa dapat menjalankan perannya dengan baik. Guru menyandang tanggung jawab untuk menolong siswa untuk bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Guru menolong siswa karena sadar bahwa sama seperti dirinya, siswa adalah gambar dan rupa Allah yang telah jatuh dalam dosa sehingga tidak dapat secara sempurna menjalankan perannya. Learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan sikap bertanggung jawab melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang dimilikinya. Oleh karena itu, tujuan penulisan paper ini untuk mengkaji pentingnya penerapan model pembelajaran learning cycle terhadap tanggung jawab siswa. Melalui kajian literatur yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle penting untuk diterapkan karena memberikan pengaruh positif dalam mengembangkan tanggung jawab yang dimiliki oleh siswa melalui tahapan-tahapan yang dimilikinya. Perbaikan yang dapat penulis berikan, sebaiknya dilakukan penerapan model learning cycle secara langsung di kelas, setelah melakukan kajian teori sehingga diperoleh data yang real berkaitan dengan model learning cycle.