Daftar Isi:
  • Penulisan kajian literatur ini bertujuan untuk membahas pengembangan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang kondusif pada mata pelajaran ekonomi. Harapannya, kemampuan seorang guru dapat membangun kondisi belajar yang kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu mengembangkan seluruh aspek kemampuan siswa pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melayani Tuhan dan sesama manusia. Namun, kenyataannya berdasarkan hasil refleksi mengajar guru ditemukan bahwa penerapan metode yang masih konvensional dan strategi yang tidak efektif, serta kurangnya manajemen kelas berdampak pada kondisi belajar di kelas, seperti siswa pasif merespon pertanyaan dari guru, beberapa siswa mengobrol dengan temannya saat guru menjelaskan, mendiskusikan hal di luar materi, siswa bebas keluar masuk kelas tanpa izin. Permasalahan demikian menjadi sorotan, bahwa kurangnya perencanaan guru pada pembelajaran, sehingga berdampak pada kondisi belajar siswa sehingga dibutuhkan pengembangan kemampuan pedagogik guru yang sudah ada untuk merancang pembelajaran kondusif di kelas. Hasil penerapan pada rancangan pembelajaran mengalami perubahan yang menunjukkan kondisi kelas yang kondusif dibuktikan melalui umpan balik mentor. Saran dalam kajian ini ditujukan pada institusi pendidikan untuk mengadakan pendidikan profesional guru (PPG), dan kepada guru untuk mengikuti seminar atau workshop untuk meningkatkan kualitas kemampuan guru serta melakukan evaluasi pembelajaran guna memperbaiki efektivitas pada perencanaan pembelajaran kondusif. Metode yang digunakan berupa kajian literatur.