Studi komparatif pentingnya literasi informasi bagi mahasiswa

Main Author: Wahyudi, Phillips Iman Hery
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Perpustakaan Nasional , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uph.edu/4271/1/Studi%20komparatif%20pentingnya%20literasi%20informasi%20bagi%20mahasiswa%2C%20Visi%20Pustaka%2C%20Vo.15%20No.2%20Agustus%202013.pdf
http://repository.uph.edu/4271/
Daftar Isi:
  • This study is intended to reveal the difference between students which attend an information literacy program and students which not attend an information literacy program. The method applied in this research is a quantitative method with a study to compare sample population of students who attend literation program (represented by the UPH School of Nursing) and sample population of students who does not (represented by the UPH Faculty of Communications). From the statistical testing of its product correlation, there is obvious differences of several tested variables such as identification of information (0.377 ), access of information (0.465), retrieval of information (0.407), evaluation of information (0.405t. and use of information (0.568). The differences of those effects are represented by a score of a "t-test" (0.720). With this study, it is concluded that information literacy programs have effects on students in identifying, accessing, finding, evaluating, and using information. / Pcnelitian inibertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara mahasiswa yang mengikuti program literasi informasi dengan yang tidak mengikuti program tersebut- Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi komparatif, yaitu dengan membandingkan 2 sampel populasi antara mahasiswa yang mengikuti program literasi (diwakili oleh mahasiswa ilmu keperawatan ) dengan yang tidak mengikuti program tersebut (diwakili oleh mahasiswa ilmu komunikasi). Dari uji statistik korelasi product moment terdapai perbedaan yang nyata pada variable yang diuji antara lain identifikasi informasi (0.377), akses informasi (0.465), menemukan informasi (0,407), mengevaluasi informasi (0,403) dan menggunakan informasi (0.568*. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana perbedaan program literasi informasi pada mahaiswa adalah dengan menggunakan uji t-test, dari hasil uji tersebut terdapat perbendaan yang nyata pemberian program literasi pada mahasiswa (0.720). Sehingga dapat disimpulkan bahwa program literasi informasi berpengaruh terhadap mahasiswa dalam mengidentifikasikan informasi, mengakses informasi, menemukan informasi, mengevaluasi informasi dan menggunakan informasi.