Daftar Isi:
  • Background: motivation for play game online for most gamers are to find pleasure or entertainment. Purpose: this study was conducted to determine the motivation describe Universitas Pelita Harapan students motivation to playing game online based on the three components: achievement, social, immersion. Method: the study design using descriptive quantitative research using active student at Universitas Pelita Harapan since 2013 with 100 from cohorts 2013- 2015. Sampling were obtained using convenience sampling method. A questionnaire developed by Yee et al. (2012) with Cronbach alpha 0.93. Results: this study showed that 51% participants had high motivation to play online game with 54% motivated for achievement, 47% social, and 41% immersion. Recommendation: for the future research with greater number of samples recomanded to be able to generalized study / Latar belakang: seseorang bermain game online dikarenakan adanya motivasi dari dalam diri untuk mendapatkan kesenangan atau hiburan. Tujuan: untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa dalam bermain game online. Metode: menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi terdiri dari mahasiswa aktif di Universitas Pelita Harapan sejak tahun 2013. Sampel berjumlah 100 orang terdiri atas angkatan 2013, 2014, 2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara convenience sampling. Dengan menggunakan kuesioner motivasi bermain game online oleh Yee et al. (2012) dengan nilai cronbach alpha 0.93. Hasil: berdasarkan setiap komponen motivasi maka diperoleh hasil untuk komponen achievement (54%), social 47 (47%), dan immersion (41%). Secara keseluruhan berdasarkan pemusatan data hasil penelitian menunjukkan sebanyak (51%) mahasiswa memiliki motivasi tinggi dalam bermain game online. Saran: dilakukan penelitian dengan jumlah sampel yang lebih besar menggunakan pendekatan kualitatif.