Gambaran motivasi belajar mahasiswa keperawatan uph angkatan 2014 dalam pembelajaran menggunakan metode jigsaw dan metode ceramah = description of motivation learning in nursing students batch 2014 at uph in learning using the jigsaw method and the lecture method

Main Author: Hayon, Gaudensius
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uph.edu/4108/1/Title.pdf
http://repository.uph.edu/4108/11/Abstract.pdf
http://repository.uph.edu/4108/2/ToC.pdf
http://repository.uph.edu/4108/3/Chapter1.pdf
http://repository.uph.edu/4108/4/Chapter2.pdf
http://repository.uph.edu/4108/5/Chapter3.pdf
http://repository.uph.edu/4108/6/Chapter4.pdf
http://repository.uph.edu/4108/7/Chapter5.pdf
http://repository.uph.edu/4108/8/Bibliography.pdf
http://repository.uph.edu/4108/10/Appendices.pdf
http://repository.uph.edu/4108/
Daftar Isi:
  • Learning motivation is a process within, which moves a person to learn. The learning method is a benchmark used by teachers to deliver the course material. There are many learning methods are used in the learning process, two of which are the jigsaw method and lecture. Jigsaw is a learning method in a group which in this method the student must actively participate in discussions, or lectures while traditional methods are teacher-centered learning, so that students tend to be passive in the learning. The purpose of this study is to describe nursing students' motivation to learn UPH force in 2014 using the jigsaw and lectures. This research uses descriptive quantitative research methods. The population in this study were all nursing students UPH force in 2014 which amounted to 290 people, and samples are taken based on the calculation formula is as many as 168 people Slovin. The sampling technique used was simple random sampling, the random sampling. Data analysis technique used is a univariate analysis. The results of this study indicate that there is a gap learning motivation level of the jigsaw learning method and lectures. The results of data analysis showed that for the category jigsaw method of motivation to learn is at a moderate level as many as 114 respondents (67.9%). In learning to use the lecture method category are on a high motivation to learn as many as 135 respondents (80.4%). Recommendations for further research needs to be done research on which method is most able to improve student learning motivation / Motivasi belajar merupakan suatu proses dalam diri yang menggerakkan seseorang untuk belajar. Metode pembelajaran merupakan suatu acuan yang dipakai oleh pengajar untuk menyampaikan materi pelajaran. Terdapat banyak metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran, dua di antaranya adalah metode jigsaw dan ceramah. Jigsaw merupakan metode pembelajaran secara berkelompok dimana dalam metode ini siswa harus berperan aktif dalam diskusi, sedangkan ceramah atau metode tradisional ini adalah pembelajaran yang berpusat pada pengajar, sehingga siswa cenderung pasif dalam metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa keperawatan UPH angkatan 2014 dengan menggunakan metode jigsaw dan ceramah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa keperawatan UPH angkatan 2014 yang berjumlah 290 orang dan sampel yang diambil berdasarkan perhitungan rumus Slovin adalah sebanyak 168 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kesenjangan tingkat motivasi belajar dari metode pembelajaran jigsaw dan ceramah. Hasil analisa data menunjukan bahwa untuk metode jigsaw kategori motivasi belajar berada pada tingkat sedang yaitu sebanyak 114 responden (67.9%). Pada pembelajaran menggunakan metode ceramah kategori motivasi belajar berada pada tinggi yaitu sebanyak 135 responden (80.4%). Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya perlu dilakukan penelitian mengenai metode mana yang paling bisa meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.