Evaluasi desain ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) di Jakarta
Main Authors: | Prakoso, Susinety, Mulyani, Carolina |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universtas Pelita Harapan
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/4025/1/Lamp%20B6.3.pdf http://repository.uph.edu/4025/2/Lamp%20B6.3_review.pdf http://repository.uph.edu/4025/3/Academic_Writing_Publication_Agreement_Form_susinety.pdf http://repository.uph.edu/4025/ |
Daftar Isi:
- Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) merupakan sebuah ruang publik terbuka dengan fungsi beragam, terutama untuk memenuhi kebutuhan ruang bermain anak yang sedang gencar dibangun oleh pemerintah di beberapa tempat di Jakarta. Hingga saat ini, beberapa RPTRA sudah dibangun oleh pemerintah. Namun, belum pernah ada upaya untuk mengevaluasi desain RPTRA tersebut. Bagaimana kriteria desain ruang publik yang ramah anak, serta bagaimana keberhasilan desain RPTRA dalam memenuhi kebutuhan ruang bermain anak. Objek penelitian ini adalah 4 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta. Subjek penelitian ini adalah anak – anak. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan beberapa strategi seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kriteria desain ruang publik ramah anak terbagi menjadi 4 pengelompokan kriteria (aspek), yaitu aspek lokasi yang terdiri dari kriteria pemilihan lokasi dan aksesibilitas; aspek ruang yang terdiri dari kriteria kebutuhan ruang, multifungsi, fasilitas dan material, keamanan, kenyamanan, serta mengundang dan menyenangkan; aspek pengawasan dan pengelolaan yang terdiri dari kriteria koordinasi, penilaian, dan pengawasan; serta aspek keterpaduan. RPTRA yang paling berhasil dalam memenuhi kriteria desain ruang publik ramah anak adalah RPTRA Kenanga, karena sudah memenuhi kriteria aksesibilitas, keamanan, mengundang dan menyenangkan, koordinasi, penilaian, dan pengawasan. Sementara, RPTRA yang paling belum memenuhi kriteria desain adalah RPTRA Sungai Bambu, karena baru memenuhi kriteria mengundang dan menyenangkan, koordinasi, penilaian, dan pengawasan.