Pengalaman sensori pada taman lingkungan (objek penelitian: RPTRA Kembangan Utara)

Main Authors: Yohana, Yohana, Prakoso, Susinety
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uph.edu/4014/1/Lamp%20B5.1.pdf
http://repository.uph.edu/4014/2/Lamp%20B5.1_review.pdf
http://repository.uph.edu/4014/3/Academic_Writing_Publication_Agreement_Form_susinety.pdf
http://repository.uph.edu/4014/
Daftar Isi:
  • Pengalaman sensori merupakan hal yang penting bagi perkembangan fisik dan mental anak. Pengalaman sensori dapat diperoleh dari aktivitas bermain di ruang luar (outdoor), karena ruang luar memiliki peluang yang lebih beragam dalam memberikan pengalaman sensori. Pada umumnya, anak melakukan aktivitas bermain pada taman lingkungan tempat ia tinggal, karena adanya jarak rumah (home range) yang diizinkan oleh orang tuanya. Untuk menunjang aktivitas bermain anak, maka diperlukan rancangan ruang luar yang dapat menawarkan pengalaman sensori melalui berbagai macam stimulus, seperti pemandangan, sentuhan, aroma, suara, kehangatan, pergerakan, dan keseimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aspek-aspek perancangan ruang luar, khususnya taman lingkungan, yang dapat mendukung pengalaman sensori anak. Lokasi penelitian adalah di RPTRA Kembangan Utara. Penelitian dilakukan melalui observasi untuk mengevaluasi apakah rancangan RPTRA Kembangan Utara memberikan pengalaman sensori pada anak. Hasil penelitian menemukan bahwa RPTRA Kembangan Utara telah menawarkan pengalaman sensori kepada anak, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Namun, mayoritas anak dalam aktivitasnya di taman tersebut, tidak menanggapi stimulus-stimulus sensori yang diberikan oleh rancangan taman tersebut. Akibatnya anak tidak memperoleh pengalaman sensori secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan aspek-aspek perancangan yang ditemukan pada RPTRA Kembangan Utara tidak mendukung anak untuk berinteraksi dengan stimulus-stimulus sensori yang ada.