Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah sikap, norma subjektif, kendali perilaku yang dipersepsi, niat beli dapat menghasilkan niat beli pada pembelian tiket Air Asia secara online. Sehingga, pada penelitian ini terdapat 5 hipotesis yang akan diuji, yaitu: 1) ada pengaruh positif sikap terhadap niat beli; 2) ada pengaruh positif norma subjektif terhadap niat beli; 3) ada pengaruh positif kendali perilaku yang dipersepsi terhadap niat; 4) ada pengaruh positif pengalaman terhadap kendali perilaku yang dipersepsi; 5) ada pengaruh positif pengalaman terhadap niat beli. Pengumpulan data dilakukan terhadap mahasiswa-mahasiswi Universitas Pelita Harapan dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 191 orang dimana sebelumnya telah dilakukan studi pendahuluan kepada 30 responden. Analisis data kemudian dilakukan dengan menguji model pengukuran, model sruktural, dan kesesuaian model dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS ver18. Dari hasil analisis data, menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara sikap terhadap niat beli, tidak ada pengaruh positif antara kendali perilaku yang dipersepsi terhadap niat beli, ada pengaruh positif antara pengalaman terhadap kendali perilaku yang dipersepsi, tidak ada pengaruh positif antara pengalaman terhadap niat beli.