Burnout: pengaruhnya terhadap kinerja dosen dan perbedaannya berdasarkan karakteristik demografis
Main Authors: | Kusuma, Budi Hartono, Lina, Lina |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uph.edu/2777/1/B5.4_NCBMA_2017.pdf http://repository.uph.edu/2777/2/B5.4_Publication%20Agreement.pdf http://repository.uph.edu/2777/3/B5.4_JJA_Peer_Review.pdf http://repository.uph.edu/2777/ |
Daftar Isi:
- Sistem pengendalian manajemen harus dirancang untuk mendukung tanggung jawab individu dalam organisasi agar tercapai goal congruence. Setiap individu harus melakukan upaya terbaik untuk mencapai kinerja yang maksimal. Pemahaman terhadap faktor yang mempengaruhi kinerja dosen adalah penting bagi manajemen perguruan tinggi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh burnout terhadap kinerja dosen. Penelitian ini juga menguji perbedaan burnout berdasarkan karakteristik demografis yaitu berdasarkan umur dan program studi. Data yang digunakan adalah data primer. Data ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada para responden. Para responden dipilih menggunakan purposive sampling method dengan kriteria yaitu dosen tetap Fakultas Ekonomi pada perguruan tinggi swasta di wilayah Jakarta Barat. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan regression method dan independent sample t-test. Hasil pengujian menunjukkan bahwa burnout memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja dosen. Semakin tinggi burnout yang dialami, semakin rendah kinerja yang dicapai. Independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan burnout antara dosen program studi Manajemen dengan dosen program studi Akuntansi. Namun, penelitian ini belum dapat membuktikan adanya perbedaan burnout antara dosen pria dan wanita.