Daftar Isi:
  • Perkembangan industri agrobisnis yang pesat belakangan ini terutama industri minyak atsiri dimana Indonesia merupakan penghasil terbesar minyak atsiri jenis minyak pala membuat PT MB PLUS AGRO melirik industri ini sebagai industri yang potensial. Tetapi dalam industri ini kegiatan perusahaan akan berbeda karena lebih banyak melibatkan petani-petani dan masyarakat kecil dalam prosesnya. Dan pedekatan yang harus dilakukan perusahaan akan berbeda dengan melakukan pendekatan dengan terhadap kalangan eksekutif. Penelitian ini akan meneliti tentang rantai nilai dari PT MB PLUS AGRO ,strategi pemasaran melalui baur pemasaran dan cara perusahaan dalam menjamin kelangsungan produksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi secara langsung. Wawancara dilakukan langsung kepada responden yang terdiri dari 3 orang yang memiliki peranan penting dalam seluruh kegiatan perusahaan dari proses pengadaan bahan baku sampai dengan proses penjualan produk yang dihasilkan perusahaan. Data yang telah diperoleh selanjutnya diuji kebenarannya dan kemudian dilakukan analisis. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa pengadaan bahan baku produksi adalah proses yang terpenting bagi perusahaan karena kegiataan ini akan berpengaruh terhadap seluruh produktivitas perusahaan.