Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan melihat evaluasi program mentoring pada proses pembentukan konsep diri remaja 14 – 21 tahun di Life Talk Asia Jakarta. Konsep diri adalah sikap dan penilaian terhadap diri sendiri mengenai totalitas psikis, sosial dan fisik berkaitan dengan diri yang berasal dari pengalaman dan interaksi seseorang. Sedangkan mentoring adalah proses demonstrasi, instruksi, tantangan dan dorongan secara teratur selama periode waktu yang dilakukan oleh seorang mentor kepada mentee dengan tujuan tertentu. Penelitian ini bersifat korelasional yang dilakukan terhadap 12 orang mentee di Life Talk Asia Jakarta. Karakteristik partisipan pada penelitian ini adalah remaja berusia 14 sampai 21 tahun. Untuk menguji asumsi yang ada pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji normalitas. Uji normalitas dilakukan menggunakan One Sample Kolgomorov Smirnov dan Mann-Whitney. Nilai signifikansi Kologorov Smirnov adalah .139 (p<0,05) dan nilai signifikansi Mann Whitney adalah .054 (p<0,05). Hasil uji normalitas menunjukan bahwa sebaran skor kedua variabel penelitian adalah normal. Dengan menggunakan uji korelasi Pearson, didapat koefesien korelasi (r) pada 78 item sebesar .795 dengan taraf signifikasi (p<0,05). Setelah penghapusan item negatif berubah menjadi 72 item dengan nilai koefisien yaitu .813 (p<0,05). Hasil uji korelasi tersebut menunjukan hipotesis ini diterima, bahwa program mentoring dapat membantu proses pembentukan konsep diri pada remaja.