Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun di Komunitas †̃Hongâ€TM Bandung
Main Author: | Mayakania, Nia Dewi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LP2M ISBI Bandung
, 2013
|
Online Access: |
https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/156 https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/156/156 |
Daftar Isi:
- ABSTRACT This paper discusses educative values in Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun (KKBb) based on analysis which refers to aspects of musical, language and literature, and games, meanwhile the process of values internalization within KKBb is implemented through habituating which refers to three components: knowing nature, culture and God. The research used qualitative method, collect- ing data through literature study, observation, interview, and analyzing documents. The purposes of the research are: a) to resocialize KKBb; and b) to be another alternative of learning process either in the formal, informal, or non-formal education, as one of character educational models which is based on aesthetic and ethic. The result of the research shows that childrenâ€TMs games which are accompanied with song may develop childrenâ€TMs characters to be an authoritarial person. Keywords: kakawihan kaulinan barudak buhun, character, and children    ABSTRAK Tulisan ini membahas nilai-nilai edukatif di dalam Kakawihan Kaulinan Barudak Buhun (KKBb) berdasarkan kajian yang bertumpu pada aspek musikal, aspek bahasa dan sastra, serta aspek permainan, sedangkan proses internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam KKBb dilakukan melalui pembiasaan yang bertumpu pada 3 komponen yakni mengenal alam, budaya dan Tuhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk a) mensosialisasikan kembali KKBb; dan b) dapat dÄ3adikan sebagai suatu alternatif lain dalam proses pembelajaran di wilayah pen- didikan formal, informal, maupun non-formal, sebagai salah satu model pendidikan karak- ter yang berbasis estetika dan etika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan anak yang disertai nyanyian dapat menumbuhkan karakter anak menjadi sosok individu yang memiliki kepribadian. Kata kunci: kakawihan kaulinan barudak buhun, karakter, dan anakÂ