Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar
Main Authors: | Alhakiki, Abdika, Taufina, Taufina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/395 https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/395/pdf_1 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Quantum Teaching Kerangka TANDUR berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas III SD Negeri 20 Sitiung. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design, dan desain penelitian “Non-Equivalent Group Post-Test Only Design”. Data-data dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dilakukan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Sampel penelitian diambil dari seluruh anggota populasi yang berjumlah 57 orang, kelas III A sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas B sebanyak 27 orang sebagai kelas kontrol. Hipotesis penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil p value 0,00 < 0,05 dengan taraf signifikansi 95%. Maka keputusannya yaitu menolak Ho. Berdasarkan analisis tersebut, maka terdapat pengaruh penerapan Quantum Teaching Kerangka TANDUR terhadap hasil belajar matematika di Kelas III SD Negeri 20 Sitiung Dharmasraya.