Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar
Main Authors: | Safitri, Ita, Endarini, Endang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2020
|
Online Access: |
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/366 https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/366/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan pengaruh kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen semu . Uji prasyarat dalam penelitian menunjukkan hasil kedua kelas eksperimen homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji T Independent Sample Test menunjukkan thitung yaitu 3,941 > 3,976. Dan signifikan 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas yang menunjukkan bahwa model problem based learning lebih efektif dibandingkan dengan model problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah.