PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SD
Main Authors: | Marza, Anggara, Adnan, Fachri, Fitria, Yanti, Montesori, Maria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
, 2019
|
Online Access: |
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/27 https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/27/26 |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diberi Model Project Based Learning lebih tinggi thitung = 1,91 > ttabel = 1,718; (2) Kemampuan berpikir kritis dengan pretest tinggi menggunakan Model Project Based Learning dan konvensional tidak ada perbedaan yang signifikan thitung =1,87 < ttabel = 2,56; (3) Kemampuan berpikir kritis dengan posttest rendah dan menggunakan posttest lebih tinggi t hitung =7,54 > t tabel = 2,56. Hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) kerjasama peserta didik yang diberi Model Project Based Learning lebih tinggi thitung = 1,81 > ttabel = 1,608; (2) Kerjasama dengan postest tinggi menggunakan Model Project Based Learning dan konvensional tidak ada perbedaan yang signifikan thitung =1,77 < ttabel = 2,36; (3) Kerjasama dengan posttest rendah dan menggunakan posttest lebih tinggi t hitung =3,61 > t tabel = 2,36.