ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SERVICE HANDPHONE DAN SMARTPHONE PADA TOKO KS PONSEL SUKADANA

Main Authors: Ramadhaniah, Zarkiyah, Muiszudin, Muiszudin, Sumiyati, Sumiyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2017
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/834
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/834/662
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei, yaitu merupakan penelitian yang diambil suatu sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang menjadi konsumen pada Toko KS Ponsel Sukadana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan tidak baik (-), di mana nilai gap < 1 pada indikator bukti fisik (tangible) sebesar -0,63, keandalan (reliability) sebesar -074, daya tanggap (responsiveness) sebesar -1,42, jaminan (assurance) sebesar -0,16 serta empati (empathy) sebesar -0,65. Ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana harus terus ditingkatkan. Terkait penilaian responden terhadap kualitas pelayanan service handphone dan smartphone pada Toko KS Ponsel Sukadana yang diharapkan dengan pelayanan yang diterima menunjukkan bahwa responden memberikan tanggapan tidak sesuai harapan kelima dimensi sebesar -0,72. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Service, Smartphone