ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA WASERDA ANGKASA PURA KUBU RAYA

Main Authors: Muslimin, Muslimin, Fachri, Helman, Yasmin, Devi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2017
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/806
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/806/634
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen pada Waserda Angkasa Pura Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yang menjadi populasi semua konsumen yang pernah membeli produk di Waserda Angkasa Pura. Jumlah sampel yang diteliti adalah sebanyak 100 responden yang membeli produk di Waserda Angkasa Pura. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode pengumpulan sampel secara sengaja (purposive sampling) artinya penarikan sampel berdasarkan pertimbangan mengingat adanya keterbatasan dana, waktu dan tenaga.Hasil dari analisis diagram kartesius yang telah penulis lakukan pada Waserda Angkasa Pura Kubu Raya indikator kepuasan konsumen dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kepuasan konsumen yaitu sebesar 4,30. Adapun nilai rata-rata dari kepentingan konsumen yaitu sebesar 4,42. Dapat disimpulkan bahwa konsumen tidak puas, karena nilai rata-rata kepuasan berada di bawah nilai rata-rata kepentingan. Adapun Hal ini merupakan yang dianggap penting dan pelaksanaannya belum dianggap baik sehingga belum/ kurang memuaskan berada pada kuadran A yaitu meliputi Proses perhitungan di kasir dihitung dengan cepat, Pelayanan dilakukan dengan cepat, Karyawan dapat menjelaskan posisi barang yang dicari oleh para konsumen. Kata kunci: Kepuasan, Waserda, Angkasa Pura.