PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI KUE BINGKA PADA PD. BINGKA 61 PONTIANAK

Main Authors: Darmawan, Eri, Yasmin, Devi, Supriadi, Fenni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2017
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/788
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/788/616
Daftar Isi:
  • Permasalahan dan tujuan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen membeli kue bingka pada PD. Bingka 61 Pontianak dengan bentuk penelitian analisis deskriptif menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Bingka 61 Pontianak, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik sampling incidental, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan atau siapa yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti digunakan sebagai sampel dengan syarat konsumen pernah membeli kue bingka pada PD. Bingka 61 Pontianak lebih dari 1 kali.Hasil persamaan regresi linier sederhana adalah Y = 0,916 + 0,788 X, yang artinya apabila bauran pemasaran bernilai nol, maka loyalitas konsumen adalah sebesar 0,916 dan apabila bauran pemasaran meningkat sebesar satu-satuan, maka loyalitas konsumen membeli kue bingka pada PD. Bingka 61 Pontianak akan meningkat sebesar 0,788 satuan. Untuk hasil koefisien korelasi (r) menjelaskan bahwa nilai korelasinya sebesar 0,589 yang artinya bauran pemasaran dan loyalitas konsumen memiliki hubungan cukup kuat, sedangkan nilai dari hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,347 yang artinya pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen membeli kue bingka pada PD. Bingka 61 Pontianak adalah sebesar 34% sedangkan sisanya yaitu sebesar 66% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kualitas pelayanan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Konsumen, PD. Bingka 61.