PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEMBELI AIR MINUM MEREK LESTARI PADA PD. LESTARI TEBAS

Main Authors: Fitri, Ade, Fachri, Helman, Sumiyati, Sumiyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2017
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/777
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/777/605
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Membeli Air Minum Merek Lestari pada PD. Lestari Tebas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik warung yang sudah berlangganan membeli air minum merek Lestari dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji kelayakan model.Analisis regresi linear sederhana menunjukkan persamaaan Ŷ = 2,274 + 0,475X. Koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,551, artinya bauran pemasaran mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan loyalitas konsumen membeli air minum merek Lestari pada PD. Lestari Tebas. Koefisien determinasi menunjukkan nilai R2sebesar 0,304, hal ini berarti bahwa 30,4% (1 x 0,304 x 100%) loyalitas konsumen membeli air minum merek Lestari pada PD. Lestari Tebas dapat dijelaskan oleh bauran pemasaran sedangkan sisanya yaitu sebesar 69,6% (1 – 0,304 x 100%) loyalitas konsumen membeli air minum merek Lestari pada PD. Lestari Tebas dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji kelayakan model menunjukkan nilai F hitung 42,763 > F tabel 3,94 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005, artinya model regresi linear sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas konsumen yang dipengaruhi oleh bauran pemasaran.Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas, Air Minum