Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2018

Main Authors: Darmawan, Akhmad, Ciptaningrum, Fitria, Aryoko, Yudhistira Pradhipta, Purnadi, Purnadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2020
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/2140
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/2140/1369
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh growth rate (tingkat pertumbuhan), company size (ukuran perusahaan), tingkat profitability terhadap nilai perusahaan, dengan variabel pemoderasi struktur modal. Kriteria subjek dalam riset ini yakni perusahaan manufaktur consumer goods yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Data sekunder yang digunakan di dalam penelitian ini diambil dari laporan keuangan tahunan periode 2015-2018. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis.Hasil pengujian menampilkan hasil bahwa tingkat pertumbuhan tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, company size (ukuran perusahaan) memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, tingkat profitability memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Tingkat pertumbuhan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan tidak mampu dimoderasi oleh variabel struktur modal, tetapi ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan mampu dimoderasi oleh variabel struktur modal.