Analisis Pengelolaan Alokasi Dana Desa Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Studi kasus pada desa Tanjung Hulu, Desa Tanjung Ria, desa Sungai Raya dan desa Nanga Sepauk Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang)
Main Authors: | Ardiansyah, Ardiansyah, Sutarmin, Achmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Pontianak
, 2020
|
Online Access: |
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/2131 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/view/2131/1503 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/downloadSuppFile/2131/264 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/downloadSuppFile/2131/265 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/downloadSuppFile/2131/266 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/downloadSuppFile/2131/267 http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/jp/article/downloadSuppFile/2131/268 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui dan menganalisis pengawasan dan fungsi kontrol pemerintah terhadap alokasi dana desa agar tepat sasaran, efisien dan bebas manipulasi serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat terhadap pengelolaan alokasi dana desa di kecamatan Sepauk kabupaten Sintang.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama adalah pihak pemerintah sebagai pelaksana alokasi dana desa dan bagian kedua adalah pihak masyarakat kecamatan Sepauk. Sedangkan sampel pada bagian pertama berjumlah 40 responden dan sampel pada bagian kedua berjumlah 100 responden.Hasil penelitian menunjukkan nilai skor rata-rata sebesar 3,63 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan fungsi kontrol pemerintah terhadap alokasi dana desa sangat baik. Tingkat persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan berdasarkan analisis penilaian harapan dan kinerja untuk setiap dimensi pelayanan diperoleh sebesar 0,90 < 1 yang artinya secara keseluruhan kualitas pelayanan dikategorikan masih dibawah harapan atau tidak memuaskan. Skor masing-masing indikator menunjukkan bahwa Bukti Langsung (Tangibles) berada pada kuadran B, Kehandalan (Reliability) berada pada kuadran C, Daya Tanggap (Responsiveness) berada pada kuadran C, Jaminan (assurance) berada pada kuadran A, Empati (Emphaty) berada pada kuadran B.