Hubungan Perilaku Social Loafing dan Need for Cognition dalam Kegiatan Kerja Kelompok pada Mahasiswa PGPAUD (Studi Identifikasi Model Pembelajaran)

Main Authors: Jati, Sri Nugroho, Diana, Diana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Pontianak , 2019
Online Access: http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/Eksis/article/view/1687
http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/Eksis/article/view/1687/1132
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mengetahui hubungan perilaku social loafing dengan need for cognition pada kegiatan kerja kelompok mahasiswa, sehingga bisa diidentifikasi model pembelajaran yang tepat bagi mahasiswa. Perilaku social loafing dianggap sebagai salah satu sikap yang sering terjadi dalam suatu kegiatan kelompok dan kampus menjadi salah satu tempat dimana kegiatan belajar kelompok berlangsung. Sehingga dalam pekerjaan/tugas membutuhkan pemikiran yang lebih untuk dapat dipahami, dan itu menunjukkan adanya tingkat perhatian dan pemahaman atau need for cognition. Instrumen yang digunakan sebagai alat ukur dan alat pengumpul data adalah social loafing scale dan need for cognition. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGPAUD Universitas Muhammadiyah Pontianak. Data yang didapat akan diolah dalam program SPSS for windows 17 dan dianalisis secara statistic menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian pengujian hipotesis dengan Korelasi Person Product Moment diperoleh r hitung (0,799) dan r tabel (dk=n-2=37-2=35 = 0,325). Berarti r hitung lebih besar daripada r tabel atau 0,799 > 0,325, menunjukkan ada hubungan antara social loafing dan need for cognition.Kata kunci : Social loafing, need for cognition, model pembelajaran