iLearning: Metode Pembelajaran Inovatif di Era Education 4.0

Main Authors: Rahardja, Untung, Lutfiani, Ninda, Harahap, Eka Purnama, Wijayanti, Lidya
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: iLearning Journal Center (iJC) , 2019
Online Access: https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/1010
https://ijc.ilearning.co/index.php/TMJ/article/view/1010/288
Daftar Isi:
  • Education 4.0 (education 4.0) is a general term used by educational theorists to understand various ways to integrate cyber technology both physically and not into learning. The role of information technology in higher education has been understood in academic activities. Information and communication technology in academics is very helpful and helpful in the educational process where the teaching and learning process, arranging schedules in the room, and other tasks are easy and very practical. The use of 4.0 education in every internal and external activity in higher education is one of the factors of the success and progress of higher education, one of which is in the Raharja College with iLearning learning methods such as; MeMe and iDu. By using mind mapping and literature study methods. This study aims to foster creative and innovative for lecturers, teachers, students, and students and also can create a person full of work and the success of the nation.
  • Pendidikan 4.0 (education 4.0) adalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengintegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran. Peran teknologi informasi pada pendidikan tinggi sudah dirasakan dalam kegiatan akademik salah satunya di dalam Perguruan Tinggi Raharja yang sudah menerapkan sistem pembelajaran online berupa iMe (iLearning Media) dan iDu (iLearning Education). Pemanfaatan education 4.0 dalam setiap aktivitas internal dan eksternal dalam pendidikan tinggi menjadi salah satu faktor kesuksesan dan kemajuan dari pendidikan tinggi, salah satunya yang terdapat di Perguruan Tinggi Raharja dengan metode pembelajaran iLearning seperti ; iMe dan iDu. Penelitian ini menggunakan metode mind mapping dan studi pustaka yang memiliki tujuan yaitu dan juga sebagai penunjang akademik dalam proses belajar mengajar, mengatur jadwal ruangan, dan tugas lainnya serta untuk menumbuhkan sebuah kreatifitas dan inovatif baik untuk dosen, guru, siswa dan mahasiswa dan juga bisa menjadikan pribadi yang penuh dengan sebuah karya dan mensukseskan bangsa.