Rancang Bangun Aplikasi Simulasi Dekorasi Ruangan dengan Memanfaatkan Teknologi Markerless Augmented Reality
Main Authors: | Mahardika, Putu Anggara, Suyadnya, I Made Arsa, Saputra, Komang Oka |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Informatics Engineering Dept., Faculty of Engineering, University of Mataram
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jcosine.if.unram.ac.id/index.php/jcosine/article/view/238 https://jcosine.if.unram.ac.id/index.php/jcosine/article/view/238/40 |
Daftar Isi:
- Markerless Augmented Reality (AR) is a technology that combines two-dimensional or three-dimensional virtual objects into a real environment and then projects these virtual objects in real time without the need for a special marker. In this research, the Markerless AR application will be used to simulate room decoration with 3-dimensional objects. This research was built using the Java programming language and using supporting applications namely Android Studio and Wikitude library. Based on the results of testing with the Black-box method, the overall functionality of the application has run well, besides testing also uses the System Usability Scale (SUS) method by giving questionnaires to 20 application users. The results of the System Usability Scale (SUS) test obtained an average score of 73.13. In grouping the SUS percentile score, the value of 73.13 is in Class C, wherein this assessment the application is acceptable and can be used easily by the user.
- Markerless Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek virtual dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata dan kemudian memproyeksikan objek virtual ini dalam waktu nyata tanpa memerlukan penanda khusus. Dalam penelitian ini, aplikasi Markerless AR akan digunakan untuk mensimulasikan dekorasi ruangan dengan objek 3 dimensi. Penelitian ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java dan menggunakan aplikasi pendukung yaitu Android Studio dan Wikitude library. Berdasarkan hasil pengujian dengan metode Black-box, fungsionalitas keseluruhan aplikasi telah berjalan dengan baik, selain itu pengujian juga menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan memberikan kuesioner kepada 20 pengguna aplikasi. Hasil uji Skala Kegunaan Sistem (SUS) diperoleh skor rata-rata 73,13. Dalam pengelompokan skor persentil SUS, nilai 73,13 berada di Kelas C, di mana penilaian ini aplikasi dapat diterima dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna. Kata kunci: markerless augmented reality, dekorasi ruangan, java, android, wikitude library