Pencarian Jalur Terpendek Menggunakan Algoritma A* Dalam Permainan Pacman

Main Authors: Aditama, Darmawan, Fahriani, Nuniek, Rakhma Devi, Putri Aisyiyah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Informatics Engineering Dept., Faculty of Engineering, University of Mataram , 2018
Subjects:
A*
Online Access: https://jcosine.if.unram.ac.id/index.php/jcosine/article/view/129
https://jcosine.if.unram.ac.id/index.php/jcosine/article/view/129/29
Daftar Isi:
  • Perkembangan Artificial Intelligence atau biasa disingkat (AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Artificial Intelegence (AI) merupakan suatu metode atau sistem pada controller komputer yang digunakan untuk mengambil keputusan atau melakukan suatu tindakan. Namun tidak semua controller pada computer dapat melihat keseluruhan lokasi dari target, bahkan pada beberapa permainan masih menggunakan matrik location untuk menemukan letak musuh terdekat, sehingga jika terdapat banyak sekali target maka dapat membuat salah perhitungan pada controller computer. Peneliti mencoba menggunakan algoritma A* (A Star) sebagai Artificial Intelegence untuk melihat perkembangan permainan jika terdapat lebih dari satu target yang harus dibunuh oleh enemy. Sehingga kedepannya dalam sebuah permainan Pac-Man dapat diberi beberapa target (multiplayer).