Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman

Main Authors: Halim, Fahmi Abdul, Rasidah, Nilta Ilmiyatul
Format: Article info application/pdf Document Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Serang Raya , 2019
Subjects:
Online Access: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406/pdf_1
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406/1307
Daftar Isi:
  • Identifikasi penelitian ini adalah banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan dan menganalisis faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Lumajang dalam menyelesaikan soal cerita matematika pokok bahasan aritmatika sosial berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Hasil analisis data yang diperoleh kesalahan memahami masalah sebanyak 39,17% termasuk tingkat kesalahan cukup tinggi, kesalahan transformasi sebanyak 76,67% termasuk tingkat kesalahan sangat tinggi, kesalahan keterampilan proses sebanyak 20,83% termasuk tingkat kesalahan kecil dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 80,83% termasuk tingkat kesalahan sangat tinggi. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Lumajang yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi aritmatika sosial. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman