Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on The Draw
Main Author: | Nurhafsari, Asri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Serang Raya
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1051 https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1051/pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian kuasi eksperimen ini adalah mengkaji kemandirian belajar matematika siswa yang belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw dan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen perbandingan kelompok statik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala kemandirian belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan aktivitas quick on the draw lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.