Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Gerak Getaran Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 4 Pasuruan Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Author: S.Pd, Tri Hariyanto,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2020
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/491
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/491/447
Daftar Isi:
  • Sebagai lembaga pendidikan formal, SMA Negeri 4 Pasuruan mengalami masalah rendahnya hasil belajar Fisika pada siswa kelas XI IPA 4. Pada hasil ulangan harian pada materi gerak dan getaran,  semester 1, tahun  pelajaran  2017/2018  di SMA Negeri 4 Pasuruan, yang dari 40 siswa hanya 15 siswa yang mendapat nilai diatas KKM (65), sedangkan 25 siswa lainnya mendapat nilai dibawah KKM (65). Kegiatan pembelajaran yang monoton menyebabkan hasil ulangan harian pada siswa sangat rendah. Metode yang menarik bagi siswa yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar dan semangat siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Metode yang menarik yang selalu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Metode tersebut adalah metode inkuiri. Hasil ulangan harian siklus I menyatakan bahwa dari 40  siswa sebesar 70% siswa yang mendapat nilai diatas KKM (65) atau sebanyak 28 siswa yang mendapat nilai diantara 70-90 dan siswa tersebut tuntas, sedangkan 30% siswa mendapat nilai dibawah KKM (65) atau sebanyak 12 siswa yang mendapat nilai 60 dan siswa tersebut tidak tuntas. Hasil ulangan harian pada siklus II dengan rata-rata yang diperoleh adalah 83. Dari 40 siswa 36 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau sebanyak 90% siswa yang tuntas sedangkan 4 siswa atau 10% siswa yang belum tuntas dan mendapat nilai dibawah KKM (65). Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Metode Inkuiripada pelajaran fisika materi pembelajaran gerak dan getaran, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.