Mengapresiasikan Hasil Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI-IPA-2 Semester Genap Di SMA Negeri 2 Madiun, Kota Madiun Pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan Metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran Yang Mengembangkan
Main Author: | S.Pd. M.Pd, Warsito, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun
, 2020
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/488 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/488/444 |
Daftar Isi:
- Dengan menggunakan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) dapat berjalan dengan optimal. Kemampuan dasar pada materi pembelajaran hubungan pemerintahan pusat dan daerah dapat tercapai dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada hasil evaluasi siswa yang mencapai ketuntasan 78,25%. Pada Siklus I hasil aktifitas siswa yang memiliki aktifitas baik dalam kegiatan belajar sebanyak 17 (68%) dan sedang sebanyak 4 (16%) serta sebanyak 4 (16%) menunjukkan aktifitas kurang. Sedangkan hasil pengamatan dari sudut perhatian siswa dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki perhatian baik sebanyak 9 (36%), yang memiliki perhatian sebanyak 6 (24%) dan perhatian kurang 10 (40%). Pada Siklus II hasil aktifitas siswa yang memiliki aktifitas baik dalam kegiatan belajar sebanyak 21 (84%) dan sedang sebanyak 2 (8%) serta sebanyak 2 (8%) menunjukkan aktifitas kurang. Sedangkan hasil pengamatan dari sudut perhatian siswa dalam kegiatan belajar, siswa yang memiliki perhatian baik sebanyak 19 (76%), perhatian orang tua sebanyak 4 (16%) dan perhatian kurang 2 (8%). Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) dapat meningkatkan aktifitas dan perhatian siswa pada pelajaran Bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) tersebut dinyatakan Tuntas. Maka tidak perlu diadakan kegiatan penelitian pada siklus berikutnya. Berdasarkan uraian tersebut di atas, hipotesis yang dianjurkan dalam penelitian tindakan kelas ini : “Jika kegiatan belajar mengajar menggunakan metode Teknik Creative Approach Learning (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) pada materi pembelajaran Mendiskripsikan Meaning Through Music dan manfaat dalam kehidupan pada pelajaran Bahasa Inggris prestasi belajar siswa dapat meningkat”, dapat di terima.