Peningkatan Hasil Belajar Mendeskripsikan Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah Indonesia Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Awarenes Training Siswa Kelas VI SDN 2 Bangsalan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo

Main Author: Setyowati, Endang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/44
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/44/38
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia melalui strategi pembelajaran Awarenes Training pada siswa Kelas VI, SDN 2 Bangsalan Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Peranan model pembelajaran Awarenes Training dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I  71,88; siklus  II 75,63; dan siklus III 81,56. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 75,00%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 100%.