Peningkatan Hasil Belajar Mengidentifikasi Jenis Budaya Indonesia Pada Mata Pelajaran PPKN Melalui Pendekatan Learning Expeditions Siswa Kelas IV SDN Kedungsumur 3 Kecamatan Krembung Sidoarjo
Main Author: | Lu’uliyah, Lu’uliyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun
, 2019
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/358 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/358/318 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit, yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrumen refleksi, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengidentifikasi jenis budaya Indonesia melalui metode Learning Expeditions pada siswa Kelas IV SDN Kedungsumur 3 Kecamatan Kembung Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran Learning Expeditions dalam meningkatkan keterampilan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kompetensi dasar mengidentifikasi jenis budaya Indonesia ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I 70,43; siklus II 74,56, dan siklus III 82,61. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 69,56%, siklus II meningkat menjadi 78,26%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 91,30%.