Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Ipa Energi Gerak Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2016/2017 SDN Bringinbendo 2 Kabupaten Sidoarjo

Main Author: Budi Utami,S.Pd, Christina Dwi Kartika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/33
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/33/27
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57,14%), siklus II (71,43%), siklus III (92,86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SD Negeri Bringinbendo 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Sains / Ilmu Pengetahuan Alam.