Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Pengkajian Laporan Hasil Pengamatan Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Siswa Kelas VI SDN Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo

Main Author: Trimo, Trimo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/292
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/292/261
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan motivasi belajar melalui penggunaan pendekatan Reciprocal Teaching, (2) meningkatkan hasil belajar tentang Mendeskripskan isi dan teknik pengkajian suatu laporan hasil pengamatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus.Tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan Reciprocal Teaching dengan media realita mampu meningkatkan hasil belajar Mendeskripskan isi dan teknik pengkajian suatu laporan hasil pengamatan. Hal ini didukung adanya peningkatan mean skor dalam setiap siklusnya yakni siklus I memperoleh 72,50, siklus II meningkat menjadi 81,25, dan siklus III meningkat lagi menjadi 87,50. Selain itu juga ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar tiap siklus yaitu siklus I sebanyak 62,50%, siklus II meningkat menjadi 87,50% dan siklus III mencapai maksimal peningkatan ketuntasan menjadi 100%.