Pengaruh Motivasi Belajar Pada Penerapan Model Air (Auditory Intellectually Repetition) Berbantu Media Kartu Soal Cerdas Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Sampangan 02 Semarang

Main Authors: Budiarti, Atik, Agustini, Ferina, Widyaningrum, Ari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/289
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/289/258
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitianpre-Eksperimental Designpre-experimental design berupa one group pretest-postest design.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi pada penerapan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) berbantu media kartu soal cerdas terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD. Sampel yang diambil adalah 38 siswa. Berdasarkan uji-t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 10,34> 2,02. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = -8,65 + 1,13X dengan determinasi R2 sebesar 0,699 maka terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada penerapan model AIR (Auditory Intellectually Repetition) berbantu kartu soal cerdas pada pembelajaran tematik subtema 1 “Peredaran Darahku Sehat” siswa kelas VA SD Negeri Sampangan 02 Semarang sebesar 69,9% dan dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 30,1%.