Meningkatkan Hasil Prestasi Belajar Ipa Melalui Pengunaan Metode Pembelajaran Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran Yang Mengembangkan Seluruh Potensi Peserta Didik) Pada Siswa Kelas VII-F Semester Genap Di SMP Negeri 6 Kota Madiun
Main Author: | Sumanto, Yuli Bambang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun
, 2019
|
Online Access: |
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/219 https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/219/199 |
Daftar Isi:
- Melalui pemanfaatan Metode Multipt Accut Approach (Pendekatan Pembelajaran yang mengembangkan seluruh potensi peserta didik) peningkatan nilai yang sesuai dengan harapan guru, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pada Siklus I Dari data nilai ulangan harian dimana dalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai 64.95 (65%) dari 28 siswa. Sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa dengan prosentase 49 % dan yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa dengan tingkat prosentase 51 % . Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus I menurut kurikulum 2004 ini dalam standart ketuntasan minimum yang ditetapkan sebesar 65 dengan nilai rata-rata 64.95 (65%) tingkat ketuntasan 49 % maka perlu diadakan siklus ke 2. Pada siklus II Dari data nilai ulangan harian dimana dalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai 7,49 dari 28 siswa. Sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 37 siswa dengan prosentase 95 % dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan tingkat prosentase 5 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus II menurut kurikulum 2004 standart ketuntasan minimum yang ditetapkan sebesar 65 dengan nilai rata-rata 7,49 tingkat ketuntasan 95 % maka perlu diadakan siklus ke 3. Pada Siklus III Dari data nilai ulangan harian dimana dalam proses pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata yang dicapai 83.16 (83%) dari 28 siswa. Sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa dengan tingkat prosentase 100 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus 3 ini menurut kurikulum 2004 dalam standart ketuntasan minimum yang ditetapkan 65 dengan nilai rata-rata 83.16 (83%) tingkat ketuntasan 100 % dapat dicapai. Maka dalam Kegiatan Penelitian ini dapat dinyatakan Tuntas atau Berhasil.