Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Melalui Pembelajaran Improve Siswa Kelas V SDN Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo

Main Author: Sukamto, Sukamto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2019
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/213
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/213/193
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2 x 35 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode Model Pembelajaran IMPROVE pada siswa Kelas V SDN Bringinan Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Peranan Model Pembelajaran IMPROVE dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan standar kompetensi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) mulai dari siklus pertama sampai siklus terakhir, yakni : pada siklus I  71,67; siklus  II 77,22;  dan siklus III 83,33. Selain ditandai adanya peningkatan mean skor juga ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari siklus pertama hingga siklus terakhir, yaitu pada siklus I hanya 66,67%, siklus II meningkat menjadi 77,78%, pada siklus III terjadi peningkatan mencapai 100% Kenyataan membuktikan bahwa penggunaan Model Pembelajaran IMPROVE dalam proses pembelajaran dapat meningkatan kemampuan Pendidikan Kewarganegaraan pada materi ajar Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).