Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Cooperative Script Pada Siswa Kelas 5 SDN 4 Mangkujayan Kabupaten Ponorogo

Main Author: Trisnowati, Any
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun , 2018
Online Access: https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/135
https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/135/126
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPS kelas 5 SD Negeri 4 Mangkujayan Kabupaten Ponorogo dan wawancara guru kelas 5, diketahui bahwa strategi yang digunakan guru adalah membaca individu, guru bercerita, dan tanya jawab namun hasil belajar masih rendah. Pada saat tanya jawab hanya sedikit peserta didik  yang dapat menjawab.Tujuan Pembelajaran cooperative script yakni meningkatkan hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan social. Penerapan strategi cooperative script dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik, serta dapat meningkatkan hasil belajar. Terbukti setelah diterapkan strategi cooperative script dalam pembelajaran IPS adanya peningkatan aktivitas guru dan peserta didik  dalam pembelajaran yaitu dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar tahap pra tindakan 44,15, siklus I 72,15, siklus II 87,3. Ketuntasan belajar tahap pra tindakan 3,8%, siklus I 58,5%, siklus II 96,5%.