PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS V DENGAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK YANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Main Authors: Salim Nahdi, Dede, Cahyaningsih, Ujiati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Majalengka , 2018
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1119
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/1119/1044
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis scientific approach yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah bagi siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek uji coba siswa kelas V SDN Panyingkiran Majalengka. Hasil penelitian berupa perangkat pembelajaran matematika yang meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasilnya menunjukkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan layak menurut ahli kurikulum, ahli materi dan ahli media dengan kategori penilaian sangat baik. Berdasarkan penilaian guru, perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan kualitas sangat baik. Adapun siswa menilai perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan kualitas baik.Perangkat pembelajaran dinilai efektif karena hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan ketuntasan siswa melebihi 80%. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Pendekatan saintifik, kemampuan pemecahan masalah.