PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BLENDED LEARNING PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KHUSUS DI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
Main Author: | ABADI, REZA FEBRI; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Majalengka
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2505 http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2505/1993 |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar berbasis blended learning, (2) mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis blended learning. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang diadaptasi dari Dick and Carrey yakni: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) implementasi. Penilaian kelayakan bahan ajar dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Subjek ujicoba bahan ajar adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Khusus. Ujicoba bahan ajar berbasis blended learning dilakukan dengan dua tahap ujicoba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data kuantitatif sebagai data primer dan data kualitatif berupa saran atau komentar sebagai data untuk perbaikan bahan ajar. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dikonversi menjadi data kualitatif menggunakan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Bahan ajar berhasil dikembangkan melalui tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi; (2). Media yang dikembangkan memiliki kriteria “Baik” dengan rerata penilaian 4.0; (3). Materi dalam bahan ajar pendidikan jasmani adaptif memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan rerata penilaian 4.25; (4). Bahan ajar pendidikan jasmani adaptif memperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan rata-rata penilaian 4.27. hasil ujicoba bahan ajar tahap satu menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki kriteria “Baik” dengan rerata penilaian 3.98, sedangkan pada hasil ujicoba bahan ajar tahap dua menunjukan bahwa bahan ajar memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan rerata penilaian 4.08. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis blended learning pada mata kuliah pendidikan jasmani adaptif layak untuk dikembangkan.