MEMBANGUN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Authors: Yuliati, Yuyu; Scopus ID: 57211606817. SINTA ID: 6111542. Universitas Majalengka., Saputra, Dudu Suhandi; Universitas Majalengka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Majalengka , 2020
Subjects:
Online Access: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218
http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218/1842
Daftar Isi:
  • Pada masa pandemic covid-19 ini pembelajaran dilakukan secara daring demi memutus penyebaran covid-19, sehingga mahasiswa dituntut untuk dapat lebih mandiri dalam belajar karena pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Pada masa ini Kemandirian belajar merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh mahasiswa demi tercapainya kompetensi secara optimal, namun nyatanya kemandirian mahasiswa dalam belajar masih kurang begitu baik, mengingat pentingnya sikap ini dan dihadapkan pada situasi yang sulit akibat covid-19 maka pendidik sudah seharusnya melaksanakan pembelajaran yang dapat memfasilitasi terbentuknya kemandirian belajar. Salah satu bentuk pembelajaran yang mampu mengembangkan kemandirian belajar mahasiswa adalah blended learning, pembelajaran ini memadukan pembelajaran secara daring dan juga tatap muka. Bentuk pembelajaran ini memungkinkan mahasiswa dapat belajar secara efektif dan efesien, lebih mudah mengakses materi ajar, dan pada akhirnya meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa karena belajar dilakukan secara mandiri.