METODE CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Author: | Rajai, Mochammad Ali |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Elementaria Edukasia
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/1047 https://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/1047/962 |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode curah pendapat untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Model penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Kemmis dan McTaggart) dengan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teori yang menunjang terhadap pelaksanaan penelitian ini adalah teori perkembangan anak dari Piaget dan Winataputra, yang menekankan bahwa pada usia 7-11 tahun peserta didik sekolah dasar merupakan tahap dimana anak sudah mulai berpikir rasional. Hasil penelitian menunjukkan terbuktinya penerapan metode curah pendapat untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di kelas IV sekolah dasar, maka aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata penilaian berbicara yaitu 86, siklus II rata-rata penilaian berbicara meningkat menjadi 88,57.Penulis merekomendasikan bahwa pembelajaran harus dirancang secara bervariasi sehingga aktivitas belajar tidak membosankan. Pembelajaran berbicara dengan metode curah pendapat bisa diterapkan pada materi yang sesuai dengan karakter usia peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: Brainstorming, Kemampuan Berbicara