HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PUSKESMAS DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TANJUNG PURI KABUPATEN SINTANG TAHUN 2019
Main Author: | SRI WAHYUNINGSIH, 151510857 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/992/1/I-V.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/992/1/II-IV.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/992/ |
Daftar Isi:
- Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan dan pembangunan kesehatan maka Puskesmas perlu mendapatkan perhatian terutama berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan Puskesmas, untuk itu puskesmas di tuntut untuk selalu meningkatkan keprofesionalan dari para pegawainya serta meningkatkan fasilitas/sarana kesehatan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat pengguna jasa layanan kesehatan. Untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan puskesmas dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Tanjung Puri Kabupaten Sintang tahun 2019. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini ialah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Tanjung Puri pada tahun 2018 sebanyak 28294 pasien. Dari perhitungan menggunakan rumus Lemeshow tersebut didapatkan sebesar 95 sampel. Hasil uji statistik diperoleh ada hubungan antara tangibles (p value sebesar 0,000), Reliability (p value sebesar 0,000), empati (p value sebesar 0,004), asurance (p value sebesar 0,003), dan responsive (p value sebesar 0,000) dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Tanjung Puri Pihak Puskesmas Tanjung Puri harus mempersiapkan diri untuk membuat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakst, sebab pengetahuan pelanggan penggunaan jasa pelayanan kesehatan akan terus berkembang meningkat dan kesadaran mereka untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mutu yang baik akan semakin meningkat. . Kata kunci : Mutu Pelayanan, Puskesmas Tanjung Puri, Kepuasan Pasien