UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUANMENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI BENDA–BENDA KONKRET DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ANAKUSIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PONTIANAK BARAT

Main Authors: Anggraini, Nanik Fitria, Mawardi, Mawardi, Sutrisno, Sutrisno
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: UM Pontianak , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unmuhpnk.ac.id/97/1/JURNAL%20NELITAWATI.pdf
http://repository.unmuhpnk.ac.id/97/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan benda–benda konkret di lingkungan sekolahuntuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan 1) Perencanaan dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolahpada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat, 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat, 3) Melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anakusia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Selanjutnya tempat penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi guru, pedoman observasi murid dan foto. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi data dan member check.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui benda–benda konkret di lingkungan sekolah pada anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Barat dilaksanakan setiap hari senin dan rabu. Selain itu guru juga membuat rencana kegiatan harian (RKH) yang berisi rencana dari seluruh kegiatan dalam 1 hari dan dilengkapi dengan media yang akan digunakan. Kegiatan terdiri dari : a. kegiatan awal, b. kegiatan inti, c. istirahat, d. penutup atau evaluasi.