HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DIRUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SEKADAU TAHUN 2017
Main Author: | SUSANTI USMAN, 151510863 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/953/1/I-V-VI.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/953/2/II-IV.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/953/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan pasien merupakan elemen penting dalam mengukur kualitas pelayanan khususnya pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien diruang rawat inap kelas III RSUD Sekadau. Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada oktober 2017, instrument penelitian adalah kuesioner. Variabel yang diteliti ada lima dimensi mutu pelayanan keperawatan yaitu tangiable, realibility, responsiveness, empaty, dan assurance, serta tingkat kepuasan pasien sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara realibility dengan nilao p value = 0,000 , responsiveness p value = 0,000 , assurance p value = 0,000 , emphaty p value = 0,000 ,dan tangibles p value = 0,000. Diharapkan bagi manajemen Rumah Sakit untuk mengetahui kinerja keperawatan di ruang rawat inap RSUD Sekadau dan mutu pelayanan keperawatan untuk menentukan strategi yang tepat sehingga di peroleh kinerja yang lebih baik dimasa yang akan datang