PENGEMBANGAN LKPD INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 BONTI
Main Author: | SUHAJATUN MUHARAYANI, 141630308 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unmuhpnk.ac.id/887/1/Skripsi%20Suhajatun%20Muharayani%20141630308.pdf http://repository.unmuhpnk.ac.id/887/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi SMAN 1 Bonti tidak dilakukan pembelajaran berbasis potensi lokal dikarenakan keterbatasan informasi. Potensi lokal yang dimiliki sekolah, belum dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran biologi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah pendekatan inkuiri terbimbing. Pada pembelajaran inkuiri selain menguasi konsep, siswa dilatih untuk meneliti dan memecahkan suatu masalah, untuk itu dikembangkan LKPD berbasis potensi lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis potensi lokal pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 1 Bonti, mengetahui kevalidan, kepraktisan LKPD. Pengembangan LKPD ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model 4-D yang telah dimodifikasi, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Hasil penelitian aspek kevalidan menunjukan aspek bahasa 84,66%, aspek materi 80,44% dan aspek media 73,11%. Semua aspek yang diamati termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar aspek kepraktisan, respon siswa 80,9% terhadap LKPD positif, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan untuk peserta didik dalam pembelajaran biologi.